Selasa, 02 Juni 2009

XI-AK2

Kuliah Umum Robotika Fakultas Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi UG

June 5, 2008 by redaksi

aktiv1Fakultas Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi UG, Rabu, (7/5) menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Robotika dan Pemograman Berorientasi Obyek (Java).

Kuliah umum dibagi dalam dua sesi, yakni sesi pagi mengangkat tema “Robotika” dengan narasumber Purnawarman Musa, S.Kom, sedangkan sesi siang mengangkat tema “Pemograman Berorientasi Obyek (Java)” dengan nara sumber Adi Gita Saputra dan Ayuliana, ST. Kuliah umum dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Dan teknologi Informasi Bambang Wahyudi, S.Kom. MMSI. Dalam kata sambutannya sebelum membuka secara resmi, Bambang Wahyudi, S.Kom, MMSI mengajak kepada seluruh mahasiswa UG untuk berkiprah dalam memajukan dunia robot. Karena itu, lewat kuliah umum ini diharapkan muncul bibit-bibit baru yang diharapkan dapat membantu dan mengembangkan teknologi robot di UG.

“Kita masih banyak butuh tenaga untuk memajukan teknologi robot kita. Oleh karena itu saya menghimbau kepada mahasiswa untuk bersama-sama bergabung dengan Tim Robot UG,” tandasnya.
Senada dengan Bambang Wahyudi, S.Kom, MMSI, Ketua Jurusan Sistem Komputer, Dr. Farid Thalib yang berkesempatan memberikan kata sambutan berikutnya juga mengajak mahasiswa untuk bergabung di Tim Robot UG. “Teknologi robot adalah teknologi multi disiplin ilmu atau gabungan dari berbagai bidang keilmuan Ada informatika, elektronika, mekanik, mesin dan lainnya,” ujar Dr. Farid Thalib. Untuk menarik minat mahasiswa agar bersedia bergabung dengan Tim Robot UG, selain diberikan bekal materi, juga diperagakan model robot yang telah berhasil memenangkan lomba robot yang berlangsung di ITB Bandung beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, pada akhir April 2008 lalu, Tim Robot UG keluar sebagai juara III dalam Lomba Robot yang berlangsung di Kampus ITB Bandung. Saat itu, Tim Robot UG menurunkan tiga tim, yakni Tim Rapid, Tim Shinigawa dan Tim Dakochan. Tim Rapid yang kemudian menang dan berhasil meraih juara III. Selain demo robot, juga turut hadir Tim Robot UG. Mereka pun mencoba mendemokan robot hasil ciptaannya di depan para peserta kuliah umum, termasuk satu robot yang berhasil menang dalam kontes robot di ITB. Kehadiran Tim Robot UG ini, diharapkan dapat menarik minat mahasiswa lain untuk bergabung di Tim Robot UG.Usai demo robot, kuliah umum dilanjutkan dengan presentasi oleh Purnawarman Musa, SKom dengan tema, “Robotika”. Menurut Purnawarman Musa, SKom, Tim Robot UG masih membutuhkan banyak tenaga mahasiswa yang berminat di dunia robot. Semakin banyak mahasiswa bergabung, maka semakin banyak tim tersedia, sehingga peluang untuk menang terbuka lebar.“Ke depan, kita sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba robot di UI. Oleh karena itu, kita perlu tambahan tenaga baru untuk bisa membentuk Tim Robot UG lebih banyak lagi,” ujarnya.
UG104

Tidak ada komentar:

Posting Komentar